Seorang Anggota DPRD Dilaporkan Bawaslu Terkait Bagi Sembako

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta, Ashraf Ali, dilaporkan ke Bawaslu DKI lantaran timnya disangka sudah membagikan sembako waktu lakukan pengajian kebangsaan di Kelurahan Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Sabtu (1/4/2017).

Dalam acara itu, Ashraf dimaksud sudah memohon warga untuk pilih pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta nomor penentuan dua, yaitu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) -Djarot Saiful Hidayat, di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Warga sebagai pelapor bernama Siti Rahmah (39). Waktu melaporkan Ashraf ke Bawaslu DKI Jakarta pada Kamis (6/4/2017), Siti didampingi tim hukum serta advokasi pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta yang bernomor penentuan tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

” Dia (Ashraf) bicara, ‘Ini sembako telah aku kasih, janganlah lupa tentukan nomor dua ya’, ” tutur Siti selesai bikin laporan di Bawaslu DKI di Sunter Agung, Jakarta Utara, Kamis siang.

Siti menyampaikan, harga sembako yang diberikan berbentuk 1 kg beras, 1 kg gula pasir, 3 bungkus mie instan, serta sarung. Diluar itu ada jilbab serta sajadah yang diberikan. Siti membawa sembako yang diterimanya sebagai tanda bukti.

” Beda-beda, ada yang bisa jilbab, sajadah, sarung. Bila aku dapatnya sarung, ” kata dia.

Anggota tim hukum serta advokasi Anies-Sandi, Amir Hamzah, menyampaikan, Ashraf disangka sudah lakukan politik duit dengan membagikan sembako.

” Hari ini kami melaporkan sangkaan politik duit berbentuk materi sembako seperti ini manfaat merubah pemilih. Kami laporkan Ayah Haji Ashraf Ali serta timnya, ” tutur Amir dalam peluang yang sama.

Amir menyampaikan, terkecuali Ashraf, ada dua orang lain yang dilaporkan, yaitu Iwan yang membagikan kupon sekian hari sebelumnya pengajian serta Iti yang membagikan sembako pada ketika pengajian. Menurut Amir, Siti melaporkan sangkaan politik duit itu pada tim pemenangan Anies-Sandi pada Senin lantas. Kemudian, tim hukum serta advokasi Anies-Sandi lakukan penelusuran terlebih dulu sebelumnya pada akhirnya mengambil keputusan melapor ke Bawaslu DKI Jakarta.

” Tim lakukan investigasi serta benar memanglah di lokasi sana diketemukan peristiwa seperti ini (pembagian sembako), ” kata Amir.

Koordinator Divisi Hukum serta Penindakan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri menyampaikan, Bawaslu DKI Jakarta sudah terima laporan itu. Pada Kamis ini, Bawaslu DKI Jakarta bakal segera lakukan klarifikasi pada Siti sebagai pelapor serta saksi.

” Tadi kan melapor nih, hari ini kami minta info dari pelapor, lalu saksi pelapor, saksi yang lihat berikan serta terima paket sembako itu, ” kata Jufri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *