Jusuf Kalla Sebut KH Hasyim Muzadi Sering Temui Tokoh-Tokoh

Wakil Presiden Jusuf Kalla terasa kehilangan atas wafatnya KH Hasyim Muzadi. Di mata Kalla, Hasyim miliki keunggulan sebagai seseorang ulama.

” Beliau itu miliki satu keunggulan lantaran satu ulama yang gampang berkunjung ke orang, bergerak dsb, ” kata Kalla, Kamis, 16 Maret 2016, di Kantor Wapres, Jakarta.

Kalla menyampaikan banyak ulama bagus namun tinggal di pesantren, tetapi Hasyim tidak sama. ” Bila ada apa-apa beliau datangi, ” kata dia. Keaktifan ini juga yang bikin Hasyim dipilih jadi Ketua PBNU sepanjang dua periode.

Kalla juga kembali kenang Hasyim sebagai orang yang fleksibel. Waktu berlangsung bom Bali I pada 2002, pariwisata Bali alami penurunan yang mengagumkan. Kalla menyampaikan waktu itu pemerintah menginginkan pariwsata Bali diperkembang lagi.

Langkahnya adalah dengan menggeser hari libur di hari umum hingga long weekend. ” Aku undang beliau berbarengan dengan buya yang lain, kita ajak kumpul di restoran, nyatanya beliau puasa, ” kata Kalla yang waktu itu jadi Menko Kesra.

Waktu itu, Kalla ajukan pertanyaan ke Hasyim masalah pandangannya bila libur Maulid serta Isra Mi’raj digeser hingga libur lebih panjang di akhir minggu. ” Dia jawab, wah itu sulit. Aku balik saat ini bila pemerintah mengambil keputusan ayah sepakat tak? Dia katakan, NU tak keberatan. Tak keberatan sama juga dengan sepakat kan. Jadi kurun waktu dua hari usai itu masalah, ” kata Kalla.

Kalla menilainya Hasyim yaitu orang yang bependirian teguh tetapi moderat. Dia memiliki jalinan yang begitu erat dengan ulama dunia yang menginginkan mengkampanyekan atau membawa islam itu rahmatan lil alamin.

” Karenanya di samping juga dalam negeri, pasti beliau begitu dihormati di kelompok para
ulama luar negeri, ” kata Kalla.

Baca Juga Tentang Harga Semua Produk di  : Temukan.id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *