Ingin Nyoblos Tapi Namamu Tidak Ada di DPT ? Begini Solusinya

Mendekati pengambilan suara Pilkada DKI 2017, beberapa pemilih masihlah belum memperoleh kepastian untuk mencoblos. Tetapi, Komisi Penentuan Umum (KPU) DKI Jakarta meyakinkan, setiap pemilih akan tidak kehilangan hak pilihnya.

” Pemilih dapat memakai hak pilihnya selama namanya ada di Daftar Pemilih Tetaplah (DPT). Kelak salinan DPT ada di Tempat Pemungutan Nada (TPS), jadi tinggal dicek saja namanya, ” kata Ketua KPU DKI Sumarno waktu di konfirmasi, Selasa (14/2/2017).

” Bila tidak ada namanya, mereka tetaplah tidak bakal kehilangan hak pilihnya, lantaran dapat memakai KTP elektronik, ” dia meneruskan.

Menghadapi apabila pemilih belum mempunyai KTP elektronik (E-KTP), Sumarno menyampaikan, pemilih dapat memakai surat info (suket) dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil).

” Bila tidak miliki E-KTP, dapat gunakan surat dari Dukcapil, bila pemilih pernah lakukan perekaman E-KTP, ” kata dia.

Meski, Sumarno mengingatkan, pengurusan suket terakhir hari ini. Pengurusan suket mesti dibarengi Kartu Keluarga (KK), manfaat meyakinkan pemilih yaitu warga asli di lokasi itu.

” H-1 masihlah dapat juga urus suket, yg tidak dapat (urus suket) pada hari H. Pengurusan suket dibarengi dengan KK asli, untuk apa? Untuk meyakinkan benar pemilih yaitu dari lingkungan itu, ” Sumarno menandaskan.

Pengambilan suara Pilkada DKI 2017 bakal berjalan Rabu besok, 15 Februari 2017. Pilkada serentak th. ini dapat di gelar di beberapa daerah yang lain.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *